,

Iklan

Iklan

Hadiri Dies Natalis UNU Kaltim, Ma'ruf Amin Sebut Pendidikan Karakter Sangat Penting

SerikatNasional
2 Nov 2021, 21:25 WIB Last Updated 2021-11-03T04:05:47Z


Samarinda-SerikatNasional.id| Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (02/11/2021).



Kunjungan tersebut dalam rangka menghadiri Dies Natalis ke-7 kampus Universitas Nadhlatul Ulama (NU) Kaltim serta peresmian Gedung Kampus 2 UNU yang beralamat di Jalan APT Pranoto Tapak Dalam, Kota Samarinda.



Sebelum meresmikan Gedung kampus tersebut, Wapres Ma'aruf Amin yang didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terlebih dahulu mengunjungi Sekolah Dasar (SD) Muhammadyah 1 di Jalan Berantas Samarinda dan melakukan dialog dengan para siswa yang telah melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah tersebut.



Kemudian Wapres Ma'aruf Amin menghadiri Dies Natalis UNU yang ke-7 di Hotel Bumi Senyiur setelah itu meresmikan Gedung kampus 2 UNU dan terakhir mendatangi Gedung Odah Etam di Kompleks Kantor Gubernur Kaltim.



Pada kesempatannya di Aula Ballroom Hotel Bumi Senyiur yang bertepatan dengan berlangsungnya agenda Rapat Terbuka Senat Universitas Nadhlatul Ulama (UNU) Kaltim, Ma'ruf Amin diketahui sempat memberikan orasi ilmiah.



"Saya mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNU Kaltim yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk orasi ilmiah pada Dies Natalis ke-7 UNU Kaltim dengan tema "meneguhkan karakter kebangsaan melalui peningkatan peran Perguruan Tinggi," ucap Wapres Ma'aruf Amin mengawali orasinya.



Wapres Ma'ruf Amin menyebutkan, kemajuan teknologi informasi telah membuka peluang baru untuk memperbaiki kehidupan manusia namun, disisi lain perkembangan teknologi informasi juga membawa tantangan dan resiko bagi kehidupan manusia.



Menurutnya, teknologi telah mengubah banyak aspek kehidupan manusia pada kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, hal itu dibuktikan dengan mengalirnya Informasi dari satu tempat ke tempat lain di dunia ini dalam hitungan detik.



"Manfaatkanlah kemajuan teknologi untuk pengembangan diri, berkontribusi bagi masyarakat dan mencapai cita-cita bangsa," kata mantan ketua MUI itu.



Untuk itu, ia menegaskan bahwa salah satu bekal penting yang dimiliki dalam menghadapi perkembangan yang ada itu adalah sikap kritis melalui penguatan moral dan karakter.



"Pendidikan karakter tidak bisa dilepaskan dari agama sebagai sumber pembentukan etika-moral, dan akhlak, baik yang berupa sifat-sifat yang berdimensi moral, seperti sifat jujur, adil dan toleran, maupun sifat-sifat yang berdimensi kinerja seperti kreatif, inovatif dan kerja keras," seruhnya.



 Karena itu, pembangunan moral dan karakter memerlukan upaya yang konsisten. Sehingga pembekalannya harus ditanamkan sejak dini.



"Membangun karakter tidak dapat dilakukan secara instan, tetapi harus dilatih dan dibina secara terus menerus, sehingga tumbuh nilai-nilai kebangsaan dan rasa cinta kepada tanah air, serta harus dimulai sejak dini," tegasnya.



Karakter kebangsaan, kata dia, sangat penting untuk menangkal nilai-nilai yang tidak sesuai dengan Pancasila. Kemudian Nilai-nilai yang bertentangan dengan Pancasila tersebut saat ini dapat dengan mudah dilihat, didengar atau bahkan dengan membaca informasi karena kemajuan teknologi yang ada.



Untuk itu, Wapres Ma'aruf Amin berharap agar UNU Kaltim dapat menjadi pelopor dalam mencetak dan menyiapkan generasi penerus bangsa yang kritis serta memiliki fondasi yang kuat dalam menghadapi arus informasi yang begitu pesat dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.



"Saya mendorong UNU Kaltim untuk mempersiapkan generasi muda yang kompeten dan kompetitif serta mampu bersaing secara global namun tetap memiliki akhlak mulia dan memiliki karakter kebangsaan yang kuat sehingga tidak terombang-ambing oleh arus perubahan yang ada," terangnya.



Dewan penyantun UNU Kaltim Jos Soetomo


Sementara, Dewan penyantun UNU Kaltim Jos Soetomo yang turut memberikan kontribusi terhadap perkembangan UNU selama tujuh tahun terakhir itu menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa bangganya atas kehadiran Wapres Ma'aruf Amin di Kaltim.



Menurutnya, Kehadiran Wapres Ma'aruf Amin merupakan catatan sejarah sekaligus kebahagiaan dan kebanggaan bagi civitas UNU Kaltim.



"Atas nama civitas akademika UNU Kaltim mengucapkan terimakasih kepada bapak Wapres atas kehadirannya pada Dies Natalis ke 7 dan peresmian Kampus 2 UNU," ucap Jos Soetomo.


Reporter: Iswanto

RECENT POSTS