,

Iklan

Iklan

Anggota Pramuka Junior SMAN 1 Hu'u Latihan Saka Byangkara Bersama Di Polres Dompu

SerikatNasional
7 Nov 2023, 13:47 WIB Last Updated 2023-11-12T02:23:55Z

 


Dompu (Serikatnasional.id),- Minggu, 5 November 2023 pada pukul 8 pagi, dilaksankan latihan Saka Bhayangkara pertama bagi anggota Pramuka junior SMAN 1 Hu'u yang juga di dampingi oleh senior mereka yaitu bang Fudin selaku ketua Ambalan Pramuka, bang Diky dan juga bang Fedin. Yang di mana, pelaksanaan latihan tersebut berlokasi di kantor polres Dompu yang juga dihadiri oleh beberapa senior dan junior dari sekolah se-kabupaten Dompu.


 Di awal pertemuan, seluruh anggota diperintahkan untuk berbaris secara terpisah antara laki-laki dan perempuan. Setelah semua anggota sudah berbaris rapi, salah satu senior bernama Kanda Adhar menjadi pemimpin aba-aba dalam barisan perempuan dan mengajarkan materi PBB, sedangkan untuk barisan laki-laki di pimpin oleh senior bernama KandaArya.


Beberapa saat kemudian, ketika materi PBB sedang diajarkan pada seluruh anggota, datang salah seorang senior bernama Kanda Pinkan yang langsung diperintahkan untuk mengambil alih pemimpin barisan perempuan oleh Kanda Adhar menggantikan Kanda Adharyang berpindah alih memimpin barisan laki-laki.


Di tengah latihan di bawah teriknya sinar matahari pagi, tak berselang lama juga datang salah seorang lagi yaitu pamong saka bhayangkara atau pembina saka, beliau bernama kanda Yudi.


Setelah kedatangan kanda Yudi, seluruh anggota mulai diajari materi PBB dan LKBB oleh masing-masing pemimpin barisan. Dan tak berlangsung lama, seluruh anggota pun di ijinkan beristirahat. 


Di sela sela istirahat, para anggota diperintahkan untuk duduk terpisah di antara anggota dari sekolah sekolah lain, tak lupa para senior juga memberikan air minum untuk seluruh anggota. Setelah duduk terpisah kanda Yudi selaku pembina, membagi kelompok hingga 3 kelompok, beliau juga membagi kelompok untuk para senior lainnya, dan tiap kelompok disuruh untuk menyanyikan satu lagu yang masing-masing anggota kuasai. Tiap kelompok harus menyanyikan satu lagu yang di kuasai tersebut dan diberikan waktu selama 10 menit untuk memilih dan menghafal lagu yang ingin dinyanyikan.


Beberapa menit kemudian, waktu pun habis dan semua kelompok pun disuruh untuk maju menyanyikan satu lagu yang dipilih oleh mereka. Salah satu kelompok ada yang membawakan lagu muak, juga ada lagu potong bebek angsa.


Setelah semua kelompok selesai menampilkan nyanyian mereka, seluruh anggota pun diperintahkan untuk berbaris terpisah seperti sebelumnya, dan diajarkan kembali materi PBB dan LKBB yang baik oleh kanda Yudi selaku pembina.


"Latihan bersama ini selain untuk menguatkan tali persahabatan antar sekolah, juga mantapkan mereka dalam urusan baris berbaris" ujar Yudi saat ditemui usai memberi pelatihan.


 Setelah materi diajarkan,para barisan pun di bubarkan, dan seluruh anggota mulai berfoto bersama dengan senior senior dan sekolah sekolah lain, tak lupa juga berfoto dengan kanda  Yudi  dan berfoto bersama dengan semua senior dan junior lainnya.


Penulis:  Aqifah Salsabila

RECENT POSTS