,

Iklan

Iklan

Kecelakaan Helikopter Presiden Iran, Peran Aliansi Dan Pertanyaan Menggantung

SerikatNasional
25 Mei 2024, 12:13 WIB Last Updated 2024-05-26T16:17:00Z

 


Oleh : DR CONNIE RAHAKUNDINI BAKRIE

ST Petersburg State University Intrrnational Relation Departement  Russia  




JAKARTA ,- Pemerintah Iran telah mengkonfirmasi kematian Presiden Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian menyusul kecelakaan helikopter pada 19 Mei. Tim pencarian dan penyelamatan menemukan puing-puing helikopter Angkatan Udara Iran Bell 212 pada dini hari tanggal 20 Mei dengan dukungan dari sistem pesawat tak berawak Turki yang menemukan lokasi kecelakaan. Kedua pejabat tersebut sedang kembali ke kota Tabriz di Iran utara setelah menghadiri pembukaan bendungan baru bersama Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev ketika helikopter tersebut jatuh di kawasan hutan antara desa Uzi dan Pir Dawood. Turut berada di dalam pesawat adalah awak helikopter dan beberapa pengawal yang ditugaskan untuk kedua pejabat tersebut.  


KECELAKAAN DIMENSI DAN PENYEBAB” KECELAKAAN


Serangan langsung Iran terhadap Israel – yang pertama – diberi nama sandi oleh Iran sebagai Operasi Janji Sejati (Va’de-Ye Sādeq) merupakan pembalasan atas pemboman Israel terhadap kedutaan Iran di Damaskus pada 1 April, yang menewaskan dua jenderal penting Iran. Terdapat beragam  alasan yang beredar mengenai mengapa Israel melakukan serangan awal yang membuat Iran murka dan kemudian melakukan serangan balik. Namun adalah sebuah fakta bahwa Israel dan Iran memang terus akan terlibat dan terjebak dalam perang yang terus berlanjut. Maka jelaslah, selama konflik tersebut terus ada, maka logika operasional konflik tersebut akan terus meningkat.  


Menurut jajak pendapat Hebrew University, sekitar 74 % warga Israel menentang serangan balik tersebut dengan catatan “jika hal itu merusak aliansi keamanan Israel dengan sekutunya.” Jajak pendapat yang sama tetapi juga menemukan bahwa 56 % warga Israel mengatakan negara mereka “harus menanggapi secara positif tuntutan politik dan militer dari sekutunya” disebabkan untuk “menjamin sistem pertahanan negara yang berkelanjutan dari waktu ke waktu.”


 Di dalam koalisi Netanyahu sendiri, serangan balasan terbatas yang dilakukan Israel bukanlah dianggap sebagai langkah kemenangan politik yang dianggap jelas. Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Itamar Ben-Gvir, misalnya, mengkritik tindakan tersebut. Sebaliknya, pejabat Israel menyatakan alasan melakukan serangan balik ring hollow dan menyatakan tentang perlunya “mengirim pesan” ke Teheran dan “memberi pelajaran.   


Iran menggunakan bahasa yang hampir sama—tentang perlunya “mengajari” Israel agar tidak menyerang agennya di Suriah atau di tempat lain dimanapun—untuk membenarkan serangannya. Semua ini, pada gilirannya, menimbulkan pertanyaan apakah Israel dan Iran yang ingin saling “mengajari” satu sama lain ini akan menjadikan kedua negara terlibat dalam perang yang efektif? Saya kira tidak.


 Operasi pembalasan dari Iran terhadap Israel atas meninggalnya 2 jendral penting Iran di negri orang, akhirnya malah berakhir dengan meninggalnya Presiden dan Menlu Iran, pun di negeri orang.  dan kekhawatiran bersama, dan mengidentifikasi bidang-bidang baru untuk kerja sama pertahanan keamanan. JPMG ke-48, yang diadakan pada di Oktober 2022 menegaskan kembali kemitraan strategis yang erat antara Amerika Serikat dan Israel, menggarisbawahi komitmen bersama untuk memajukan kolaborasi dalam mendukung keamanan regional dan memperkuat pencapaian bersejarah normalisasi berdasarkan dokumen Abraham Accord.  memungkinkan Israel juga untuk membelanjakan sebagian dari FMF-nya untuk membeli barang-barang pertahanan yang berasal dari Israel dan semata bukan yang berasal dari AS. 


Hal ini menjadi titik pendorong terbangun dan terpeliharanya industri alutsista dalam negeri Israel sendiri secara mandiri, dimana diperkirakan pada 2028 Israel akan mampu mewujudkannya secara penuh.  


Selain itu, patut dicatat TA 2018 hingga 2022, A.S. juga telah mengesahkan ekspor permanen barang-barang pertahanan senilai lebih dari $12,2 miliar ke Israel melalui proses Penjualan Komersial Langsung (DCS). Kategori utama DCS ke Israel adalah Mesin Turbin Gas; Kendaraan Peluncur, Rudal Terpandu, Rudal Balistik, Roket, Torpedo, Bom, dan Ranjau dan Pesawat Terbang.


Pada Oktober 2023, Amerika Serikat memiliki 599 kontrak Penjualan Militer Luar Negeri (FMS) aktif, senilai $23,8 miliar, dengan Israel. Adapun inisiatif prioritas meliputi: Pesawat Tempur Serangan Gabungan F-35; Helikopter Angkat Berat CH-53K; Kapal Tanker Pengisian Bahan Bakar Udara KC-46A; dan amunisi berpemandu presisi.


Selain bantuan keamanan dan penjualan senjata, Amerika Serikat berpartisipasi dalam berbagai program pertukaran termasuk dalam latihan militer Juniper Oak dan Juniper Falcon, selain juga penelitian bersama dan pengembangan senjata. 


Amerika Serikat dan Israel diketahui menandatangani beberapa perjanjian kerja sama pertahanan bilateral mencakup: Perjanjian Bantuan Pertahanan Bersama (1952); Perjanjian Keamanan Umum Informasi (1982); Perjanjian Dukungan Logistik Bersama (1991); dan Status Perjanjian Kekuatan (1994). Sejak tahun 2011, Amerika juga telah menginvestasikan lebih dari $8 juta bagi program Penghancuran Senjata Konvensional di Tepi Barat untuk meningkatkan keamanan regional dan keamanan manusia melalui survei dan pembersihan ladang ranjau dimana setelah negosiasi selama 3 tahun dengan pihak Palestina dan Israel, aktivitas ini berhasil dimulai pada April 2014 – hal ini merupakan giat pembersihan kontaminasi ranjau darat secara kemanusiaan yang pertama dalam hampir lima dekade.


Patut diketahui Presiden dan Menteri Luar negeri Iran menggunakan Bell 212 yang dipasok ke Iran sebelum Revolusi Islam 1979, beberapa diantaranya diketahui berada di bawah tanggung jawab Skuadron Transportasi VIP Angkatan Udara Iran yang berbasis di Teheran. Bel 212 merupakan turunan bermesin ganda dari Bell 205 Iroquois/Huey yang terkenal, jenis ini sebagian besar telah dihentikan layanannya di seluruh dunia dan digantikan oleh pesawat yang lebih modern seperti Bell 412 dan Leonardo AW139.


 Kecelakaan ini tentu saja akan menimbulkan pertanyaan pertama mengenai penggunaan platform uzur untuk transportasi VIP, belum lagi keputusan untuk membawa dua pejabat tinggi penting pemerintah dalam pesawat yang sama.  Jangan lupa, Israel telah ditetapkan sebagai Sekutu Utama AS di luar NATO berdasarkan hukum AS dimana status ini memberikan keuntungan tertentu kepada mitra asing di bidang pertahanan dan keamanan serta jelas jelas merupakan simbol kuat dari hubungan dekat Israel dengan Amerika Serikat. 


Sejalan dengan persyaratan undang-undang, merupakan kebijakan Amerika Serikat untuk membantu Israel mempertahankan QME, atau kemampuannya untuk melawan dan mengalahkan ancaman militer konvensional yang kredibel –dari dan di negara mana pun –atau kemungkinan koalisi negara atau aktor non-negara.


Maka pertanyaan kedua adalah, apakah kita benar-benar yakin tidak ada operasi strategis AS dan atau Israel dalam proses terjadinya kecelakaan heli yang menimpa Presiden Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian?


Jika pertanyaan kedua ini terbukti benar kelak, maka kiranya siapapun dan negara manapun yang ingin bermain api dalam issue Israel benar benar harus mampu melampaui kekuatan militer dan kemandirian Iran juga aliansinya. Jika tidak, bisa kita duga apa yang akan terjadi pada negeri nekat menyerang tanpa persiapan tersebut, kelak.  

Mudah mudahan negeri nekat itu bukan bernama Indonesia.

RECENT POSTS