Iklan

https://www.serikatnasional.id/2024/10/blog-post.html

Iklan

,

Iklan

Realisasi Penyaluran Dana Desa Tahap 1 Tahun 2024 di Desa Karangnangka Diduga Masih Buram

SerikatNasional
19 Agu 2024, 09:07 WIB Last Updated 2024-08-19T02:14:51Z

 


SUMENEP (Serikatnasional.id),- Penelusuran mobil siaga yang menggunakan plat nomor hitam terus dilakukan oleh sejumlah media. Apakah dianggarkan ke anggaran desa atau menggunakan dana pribadi ? hal ini masih belum diketahui kejelasannya.


Ditengah pengumpulan informasi, awak media menemukan realisasi penyaluran Dana Desa (DD) tahap 1 tahun 2024 di Desa Karangnangka, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura itu diduga masih buram.


Pasalnya, berdasarkan data yang dikantongi tim investigasi dilapangan, Desa Karangnangka menganggarkan pekerjaan pengaspalan pada alokasi Dana Desa tahap 1 tahun 2024 sebanyak 2 titik, yakni di Dusun Nangkek dan Dusun Talaga, namun 2 pekerjaan tersebut sampai detik ini masih belum dikerjakan.


“Kalau materialnya itu sekitar dua bulan lalu sudah dibawa, namun sampai saat ini belum dikerjakan, krikilnya banyak yang sudah ke cecer pindah dari tumpukannya karena kelamaan,” ucap salah satu warga setempat yang meminta namanya tidak di publish.


Dikonfirmasi PJ Kepala Desa Karangnangka yang biasa dipanggil Faizal membenarkan bahwa pekerjaan pengaspalan yang anggarannya bersumber dari Dana Desa tahap 1 tahun 2024 belum dikerjakan.


“Dalam minggu ini selesai, bahan sudah masuk semua,” jelasnya seperti dikutip Netjatim.com pada hari minggu (18-8-2024).


Dikonfirmasi lanjutan apa yang menjadi kendala, sampai berita ini tayang PJ Kepala Desa Karangnangka kembali bungkam dan tidak mau menjawab pertanyaan awak media terkait proyek pangaspalan tersebut.


Ditempat terpisah, Camat Rubaru Tabrani juga membenarkan bahwa ada pekerjaan Dana Desa tahap 1 di desa Karangnangka yang belum dikerjakan, bahkan pihaknya mengaku sudah menegur terkait pelaksanaan kegiatan tersebut, dirinya beralibi bahwa tidak dikerjakannya pengaspalan tersebut karena terkendala tukang.


“Besok saya panggil lagi kejelasan pekerjaan tersebut,” ucapnya. Minggu (18-8-2024). 


Saat ditanya bagaiman terkait pelaporan pertanggung jawaban realisasi Dana Desa tahap 1 kalau pekerjaan belum rampung, sedangkan dana desa tahap berikutnya sudah dicairkan, lagi-lagi Tabrani tidak bisa menjelaskan secara rinci dan berjanji akan klarifikasi besok.


“Siap kita klarifikasi besok, besok kita tanyakan ke tim,” pungksnya.


(Ras/bam/tim investigasi)