,

Iklan

Iklan

Bappeda Kabupaten Sumenep Jadi Pemenang Best Booth Madura Night Vaganza 2024

SerikatNasional
13 Sep 2024, 10:11 WIB Last Updated 2024-09-18T05:42:32Z

 


SUMENEP, SERIKATNASIONAL.ID | Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, sukses menjadi pemenang pertama Best Booth kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada malam puncak Madura Night Vaganza (MNV) 2024 yang dihelat mulai tanggal 05 hingga 12 September 2024 bertempat di GOR A Yani Panglegur Sumenep.


Kepala Bappeda Kabupaten Sumenep, Dr. Ir. Arif Firmanto, M. Si menyampaikan bahwa Instansi yang dipimpinnya tersebut mengusung Tema Stand “Loteng Masa Kejayaan“.


Stand yang mengusung konsep dan tema “Loteng Masa Kejayaan” ini adalah Sebuah potret miniatur dan Ornamen Modern Klasik yang menjadi ciri Khas Bangunan yang ada di kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.


Arif Firmanto menuturkan bahwa Inisiatif tersebut lahir dalam rangka untuk mengenang sejarah bangunan kontemporer yang menjadi ciri Khas kabupaten sumenep, dan keberadaannya wajib dilestarikan.


Potret miniatur Bappeda kabupaten Sumenep adalah potongan Loteng yang identik dengan Rumah berlantai dua peninggalan kuno dan konsep Standnya adalah miniatur yang diambil dari lantai Duanya yang hanya dimiliki bangsawan kalangan Utama di Abad-19 dan Umumnya dimiliki oleh para Putra raja.


“Di kabupaten Sumenep, hanya para Pangeran diantara beberapa Putra Sultan sumenep saja yang memiliki Bangunan Loteng, diantaranya adalah Sultan Abdurrahman Paku Nataningrat yang memiliki 33 (Tiga puluh tiga) anak,” kata Arif Firmanto, Kepala Bappeda Kabupaten Sumenep usai menerima penghargaan sebagai Best Booth. Kamis (12/9/2024).


Kendati demikian, hanya 4 (Empat) orang saja yang dikenal memiliki bangunan Loteng sebagai tempat tinggal. Mereka adalah Pangeran Kolonel Kusumo sena atau yang biasa dikenal Pangeran kolnel Karang Duak, Pangeran Letnal kolonel Kusumo atau yang biasa dikenal Pangeran letnal Loteng Kepanjen.


Dr. Ir. Arif Firmanto, M. Si dan Segenap Pegawai Bappeda Kabupaten Sumenep Usai Menerima Penghargaan Sebagai Pemenang Best Booth di Acara Penutupan Madura Night Vaganza.


Selain itu, Kepala dinas dengan segudang prestasi ini mengungkapkan, partisipasi Bappeda dalam pagelaran Madura Night Vaganza selama Sepekan ini Adalah untuk Mempublikasikan dan Memperkenalkan Potensi Kabupaten Sumenep kepada Publik serta mempromosikan kekayaan kreatif dan potensi yang dimiliki oleh kabupaten Sumenep.


Konsep dan tema “Loteng Masa Kejayaan” dalam acara Madura Night Vaganza yang diusung Bappeda Kabupaten Sumenep dapat menghantarkan instansi ini menjadi salah satu pemenang kategori OPD/BUMD terbaik. Dan penghargaan yang diterimanya ini adalah buah dari proses panjang yang dibarengi oleh dedikasi dan loyalitas kerja yang baik.


“Penghargaan ini menjadi bukti, bahwa bila sesuatu dikerjakan dengan teliti dan sungguh-sungguh, akan memberikan hasil yang terbaik,” paparnya.


“Hal ini juga sejalan dengan upaya Pemerintah kabupaten Sumenep dalam memajukan sektor kreatif dan ekonomi kreatif sebagai bagian penting dari pembangunan kabupaten Sumenep yang lebih maju dan inovatif,” pungkasnya. 


(Hol/Ras/Red)

RECENT POSTS