Iklan

https://www.serikatnasional.id/2024/10/blog-post.html

Iklan

,

Iklan

RSUD Sumenep Resmi Fungsikan Pneumatic Tube System, Apa Itu ? Simak Penjelasannya

SerikatNasional
18 Okt 2024, 10:15 WIB Last Updated 2024-10-18T03:33:42Z


SUMENEP, SERIKATNASIONAL.ID | Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan bagi masyarakat yang cepat, tepat dan aman serta memastikan kualitas pelayanan.


Teranyar, RSUD dr. H. Moh. Anwar meresmikan sistem pengiriman barang antar ruangan dengan teknologi mutakhir, yaitu Pneumatic Tube System Bukan Sekedar Simtem Pemindah Barang Biasa.


 dr. Erliyati, M. Kes. menjelaskan, PTS ini salah satu system transportasi barang berbasis mikroprosesor otomatis yang menggabungkan kecepatan untuk menangani pengiriman logistik medis seperti sampel darah, sampel jaringan, resep dan obat-obatan yang kesemuanya itu bisa dikirim melalui PTS.


“Jadi PTS ini adalah wujud dari keinginan rumah sakit bagaimana pelayanan bisa ditatalaksanakan secepat mungkin. Salah satunya dengan adanya PTS kita bisa mempercepat dan tentunya lebih efisien dan aman,” jelasnya Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep. Jum'at 18 Oktober 2024.



Menurutnya, PTS telah diujicoba dan disosialisakan kepada seluruh petugas terkait, termasuk telah membuat SPO agar penatalaksanaan PTS di RSUD dr. H. Moh. Anwar benar-benar sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.


“Jadi semua petugas terkait sudah diberikan sosialisasi agar PTS ini benar-benar dapat difungsikan dengan baik sesuai SPO yang ada,” bebernya.


Kasi Informasi RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep menjelaskan, langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu mulai dari tahap penyiapan sampel, pelabelan, packing sampel semua diatur agar sampai ke ruangan tujuan dengan aman.


Erfin menambahkan, bahwa setiap sampel berbeda tatalaksananya sesuai dengan jenis sampel yang akan dikirimkan, sehingga keamanan barang benar-benar terjaga.


“ saat ini PTS sudah siap, teknologinya sudah siap, SOP siap, petugas pun sudah siap. Harapan ke depan, alat ini dapat terus bekembang sesuai kebutuhan dan perkembangan teknologi terbaru.” Pungkas wanita bercadar ini.


Penulis: Rasyidi